Pendataan Penduduk di Cianjur Terkendala Jaringan

 Sumber : inilahjabar.com
 -------------------------------------------------------------------------


Kepala Bidang Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Sunardi, tak memungkiri kondisi itu.

"Memang, jaringan menjadi kendala utama menerapkan sistem online pada pendataan kependudukan di Cianjur. Memang secara teknis bisa lebih cepat, tapi kendalanya kadang-kadang terbentur di masalah jaringan," aku Sunardi saat dihubungi wartawan, Selasa (5/7/2011).

Tujuan dilakukannya pendataan kependudukan ini, kata Sunardi di antaranya mengantisipasi terjadinya kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP) ganda. Dalam kata lain, hal ini dimaksudkan sebagai konversi database.

"Jadi, data kependudukan di Cianjur ini akan lebih valid. Memang sistem ini baru dilakukan di beberapa kecamatan saja, karena bertahap. Setiap data kependudukan secara online yang tercatat di tiap kecamatan, terpantau oleh server yang ada di dinas," tuturnya.

Sementara itu, Camat Cugenang Cecep Sobandi menuturkan, pendataan kependudukan memang sangat penting dilakukan guna menjamin tidak terdaftarnya penduduk dalam database kependudukan.

Bisa dikatakan, program ini merupakan upaya antisipasi agar tak ada masyarakat yang tidak memiliki KTP, punya KTP ganda, atau bahkan juga yang tidak terdata.

"Untuk memantau perkembangan database kependudukan di wilayah Kecamatan Cugenang, kami selalu mendata penduduk, hasil pelaporan dari setiap desa. Data ini dipadukan dengan hasil sensus penduduk," kata Cecep saat dihubungi Selasa (5/7/2011).

Hingga medio Oktober 2010, jumlah penduduk di wilayah Kecamatan Cugenang tercatat 102.553 jiwa. Mayoritas, mata pencaharian penduduk Kecamatan Cugenang adalah penggarap sawah.

Cecep pun menegaskan, proses pembuatan KTP tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab, biayanya sudah ditanggung pemerintah.

"Perlu saya tegaskan sekali lagi, proses pembuatan KTP tidak dipungut biaya apa-apa alias gratis," pungkas dia. [gin]

---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar